Deteksi Dehidrasi Sejak Dini

 on Friday 13 March 2015  



Anda pernah mendengar kata dehidrasi?, sebagian besar mungkin sering mendengar kata-kata tersebut, namun tidak sedikit orang yang mengabaikan dampak dari dehidrasi., walaupun sering terdengar anjuran untuk minum air sebanyak 8 gelas per hari. Hal ini dilakukan dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak terkena dehidrasi.

Namun yang terjadi, mungkin sebagian besar orang tidak memperhatikan pola minum air tersebut, bahkan tidak sampai ada tataran proposional dengan kebutuhan tubuh. Memang kebutuhan tiap orang dan kondisi geografis tempat mereka tinggal yang berbeda-beda menyebabkan berbeda pula dalam proporsi kebutuhan cairan dalam tubuh. Namun yang menjadi sama adalah ketika tubuh kita kekurangan cairan, maka bisa berdampak buruk pada kesehatan kita. Seperti misalnya Prof Dr Hardinsyah Ridwan MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, sekaligus peneliti The Indonesian Hydration Study, menyatakan, kurangnya asupan air dapat menyebabkan gangguan fisik.

Ada yang mengatakan gangguan fisik tersebut berbeda-beda, misalnya bisa menyebabkan penyakit kulit karena racun yang ada di dalam tubuh tidak keluar bersama keringat. Dehidrasi juga menyebabkan kelelahan, kolesterol, ginjal dsb. Untuk itu, dehidrasi tidak bisa disepelekan begitu saja. Menurut Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS. SpGK, anggota Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PGDMI), dehidrasi terjadi saat air dalam tubuh tidak mencukupi untuk melakukan fungsi kerja tubuh secara normal, yang apabila kehilangan air sebanyak 20 persen bisa berakibat fatal.
So guys, apakah anda masih menyepelekan dehidrasi? Memang banyak orang mendeteksi dehidrasi itu identik dengan rasa haus, hingga minum ketika rasa haus itu datang, namun hal sebaliknya menurut Dr. Luciana, justru dehidrasi tanpa rasa haus itu yang lebih berbahaya

Untuk itu, jika tubuh kita tidak ingin terkena dehidrasi, ada baiknya kita mengikuti anjuran untuk minum air sedikitnya 8 liter per hari seperti yang sering didengar, walapun hal itu sebenarnya menurut Pennie Taylor, peneliti sekaligus pakar diet bersertifikasi di CSIRO Animal, Food and Health Sciences, mengatakan belum ada bukti ilmiah tentang hal itu. Namun, pakar kesehatan setuju jika tubuh laki-laki membutuhkan 2,6 liter air dan wanita sekitar 2,1 liter air (sumber: radar kutim, edisi 9 Maret 2015).

Untuk itu, penting bagi kita semua agar kiranya mendeteksi gejala dehidrasi sejak dini. Dalam hal ini, Pennie Taylor memberikan pencerahan bagi kelangsungan hidup untuk mendeteksi dehidrasi sejak dini, yakni melalui warna urine. Jika warnanya kuning pucat, dipastikan anda membutuhkan cairan lebih banyak. So guys, sering-seringlah memperhatikan warna urine anda ketika anda buang air kecil, hal ini dilakukan untuk melihat adanya gejala dehidrasi atau tidak dalam tubuh anda.
Deteksi Dehidrasi Sejak Dini 4.5 5 Unknown Friday 13 March 2015 Bahaya Dehidrasi, Kekurangan Cairan Anda pernah mendengar kata dehidrasi?, sebagian besar mungkin sering mendengar kata-kata tersebut, namun tidak sedikit orang yang men...


4 comments:

  1. Beberapa hari ini aku terkena sakit pinggang, keluhanku itu aku posting di facebook. Kata mereka aku harus banyak-banyak minum air, apa itu juga karena dehidrasi?

    ReplyDelete
  2. terlalu banyak koment kali gan, iy gan karena kurang air tersebut kita jadi pegal, karena cairan dalam tubuh sangat kurang

    ReplyDelete

Powered by Blogger.