Proposal Kemah Ilmiah&Budaya Tingkat Pelajar

 on Monday 15 February 2016  

Proposal Kemah Ilmiah&Budaya Tingkat Pelajar
TERM OF REFERENCE (TOR)
KEMAH ILMIAH PELAJAR TINGKAT SLTA

PENDAHULUAN
Pendidikan bagi sebagian orang, berarti berusaha membimbing anak untuk menyerupai orang dewasa, sebaliknya bagi Jean Piaget ( 1896 ) pendidikan berarti menghasilkan, mencipta, sekalipun tidak banyak, sekalipun suatu penciptaan dibatasi oleh pembandingan dengan penciptaan yang lain. Pandangan tersebut memberi makna bahwa pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Dalam arti sempit pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan umunya di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Ilmu disebut juga pedagogik, yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu ” Pedagogics ”. Pedagogics sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu ” pais ” yang artinya anak, dan ” again ” yang artinya membimbing. Poerbakwatja dan Harahap ( 1982 : 254 )        mengemukakan pedagogik mempunyai dua arti yaitu : (1) peraktek, cara sesorang mengajar; dan (2) ilmu pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dan metode mengajar, membimbing, dan mengawasi pelajaran yang disebut juga pendidikan.
Orang yang memberikan bimbingan kepada aak disebut pembimbing atau ” pedagog”, dalam perkembangannya, istilah pendidikan ( pedagogy ) berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan kepada anak oleh orang dewasa secara sadar dan bertanggung jawab. Dalam dunia pendidikan kemudian tumbuh konsep pendidikan seumur hidup ( lifelong education ), yang berarti pendidikan berlangsung sampai mati, yaitu pendidikan berlangsung seumur hidup dalam setiap saat selama ada pengaruh lingkungan. Sedangkan menurut UUSPN No.20 tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
            Dewasa ini potret kemunduran generasi muda sangat dipengaruhi oleh tingginya angka kenakalan remaja, yang antara lain meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi. Strategi meminimalisir angka kenakalan remaja dalam hal ini pelajar SLTA adalah dengan mengarahkan aktivitis mereka ke kegiatan-kegiatan yang positif, hal ini dimaksudkan agar pola pikir mereka tidak terkooptasi oleh pikiran-pikiran negative yang dapat menyeret mereka kearah perilaku yang kurang baik. Salah satu contoh kegiatan positif dan konstruktif adalah dengan membangun kesadaran mereka akan pentingya persiapan menyongsong masa depan yang lebih baik melalui “ Kemah Ilmiah dan Budaya”.

NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kemah Ilmiah dan Budaya Tingkat SLTA se Zona 1 (Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung, Bengalon) dengan Tema “Membangun generasi muda yang sadar akan peluang dan tantangan masa depan”

BENTUK KEGIATAN
Format kegiatan adalah mengkombinasikan antara pengembangan teoritis dan kecakapan praktis dengan uraian sebagai berikut :
1.    Pelatihan Dasar Kepemimpinan
2.    OutBond
3.    Pementasan Budaya
4.    Lomba pidato
Schedule Acara Terlampir

TUJUAN KEGIATAN
1.    Meningkat kerja sama tim antar sesama tim sekolah masing -masing
2.    Membentuk karakter pemimpin di masing –masing siswa
3.    Melatih penalaran dan jiwa kepemimpinan
4.    Membangun kecintaan terhadap budaya khususnya kebudayaan lokal Kutai Timur

TEMPAT DAN PESERTA
Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Rantau Pulung dengan peserta siswa sekolah SLTA/Sederajat yang berasal dari 5 Kecamatan wilayah zona 1 dengan asumsi awal sebanyak 360 siswa dengan rincian sebagai berikut :
1.    Kecamatan Sangata Utara terdiri dari 8 sekolah (160 orang)
2.    Kecamatan Sangata Selatan terdiri dari 2 sekolah (40 orang)
3.    Kecamatan Teluk Pandan terdiri dari 2 sekolah (40 orang)
4.    Kecamatan Rantau Pulung terdiri dari 2 sekolah (40 orang)
5.    Kecamatan Bengalon terdiri dari 3 sekolah (60 orang)

PELAKSANA KEGIATAN
            Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-29 Oktober 2015, Untuk memperlancar terlaksananya kegiatan ini maka dibentuk suatu kepanitiaan yang terdiri dari Panitia Pengarah (Stering Committee) dan Panitia Pelaksana (Organizing Committee). Susunan Panitia Terlampir.

SUMBER DANA
            Pendanaan dalam kegiatan ini adalah berasal dari :
  1. Dana Kas Organisasi
  2. Sumber lain yang halal dan tidak mengikat

PENUTUP

Demikian Term of Reference ini kami buat sebagai bahan acuan pelaksanaan kegiatan. Kami sangat mengharapkan bantuan kepada semua pihak, guna mensukseskan acara ini. Semoga apa yang dilakukan akan selalu mendapatkan Ridho Allah SWT dan dijadikan sebagai amal ibadah. Atas segala partisipasi dan kerjasamanya kami haturkan terima kasih.
Proposal Kemah Ilmiah&Budaya Tingkat Pelajar 4.5 5 Unknown Monday 15 February 2016 contoh proposal TERM OF REFERENCE (TOR) KEMAH ILMIAH PELAJAR TINGKAT SLTA PENDAHULUAN Pendidikan bagi sebagian orang, berarti berusaha membimbing...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.