Tips Menentukan Program studi Kampus

 on Monday 15 February 2016  

Tips Menentukan Program studi Kampus
Jelang SNMPTN, tak semua siswa sudah mantap dalam menentukan pilihan, baik jurusan maupun perguruan tinggi. Bagi yang masih merasakan hal tersebut, tak usah khawatir . ini ada beberapa kiat untuk membantu menentukan pilihan anda untuk menentukan prodi yang pas buat anda ?

1. Minat dan ketertarikan

Di perguruan tinggi, kamu akan mempelajari secara spesifik jurusan atau prodi yang dipilih. Oleh karena itu, ketahuilah passion dan minatmu. Pilih prodi yang bisa menyalurkan potensi yang dimiliki, sehingga dalam kurun empat tahun masa studi kamu tak merasa menyesal atau salah jurusan. Masa kuliah akan menyenangkan jika dapat mempelajari hal yang disukai.

2. Detail prodi dan universitas

Setelah menentukan prodi yang diminati, cari tahu informasi mengenai kampus yang menyediakan prodi tersebut. Cek akreditasi perguruan tinggi, maupun prodinya. Pertimbangkan juga letak kampus, apakah kamu harus kos atau tidak. Jika punya kenalan senior atau saudara yang berkuliah di sana, kamu juga bisa menanyakan secara rinci untuk menambah informasi, seperti dosen-dosen, lingkungan kampus, serta lulusannya.

3. Biaya kuliah

Biaya kuliah adalah salah satu hal penting yang wajib dipertimbangkan sebelum mendaftar kuliah. Saat ini pemerintah maupun swasta banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Jika mengalami kesulitan dalam pembiayaan kuliah, segera cari tahu program pemerintah, baik bidikmisi atau beasiswa lainnya.

4. Konsultasi

Sebelum mengambil keputusan, konsultasikan pilihanmu kepada guru dan orangtua. Dengarkan nasihat dan masukan-masukan dari mereka. Ingat, peminat SNMPTN sangat banyak sehingga kamu harus bijak dalam memilih jurusan dan kampus yang memungkinkan dan sesuai dengan kemampuanmu.

5. Prospek karier

Dalam memilih prodi, pastikan jurusan tersebut punya prospek karier menjanjikan saat kamu lulus nanti. Tidak bisa dimungkiri saat ini persaingan kerja semakin ketat sehingga apa pun jurusan yang diambil harus dijanani secara maksimal supaya bisa memberi nilai tambah saat berburu kerja nanti
Tips Menentukan Program studi Kampus 4.5 5 Unknown Monday 15 February 2016 Prospek karier,Konsultasi,Biaya kuliah,Detail prodi dan universitas,Minat dan ketertarikan,Tips Menentukan Program studi Kampus Jelang SNMPTN, tak semua siswa sudah mantap dalam menentukan pilihan, baik jurusan maupun perguruan tinggi. Bagi yang masih merasakan hal ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.