Panduan MTQ Pelajar

 on Thursday, 9 July 2015  



BAB I
PENDAHULUAN

            Lomba Keagamaan Tingkat Sekolah Dasar/TPA merupakan sebuah progam kegiatan perlombaan antar Sekolah Dasar (SD)/TPA se-kecamatan Sangatta. Kegiatan ini merupakan bagian progam dari P3M Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur. Perlombaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan tali silaturrahmi  antar masyarakat serta meningkatkan motivasi para anak bangsa dalam menggapai  nilai-nilai keislaaman. Selain itu, lomba keagamaan ini diharapkan bisa meningkatkan iman dan takwa para anak bangsa.
            Dalam pelaksanannya tentunya perlu ada perencanaan yang matang dan aturan-aturan yang melingkupinya. Di  dalam penyelenggaraan kegiatan lomba keagamaan ini tentunya perlu adanya sebuah aturan-aturan yang bisa dijadikan acuan yang jelas dan pasti. Dengan adanya aturan yang jelas dan pasti tentunya sebuah kegiatan akan bisa berjalan dengan maksimal. Terkait aturan-aturan yang melingkupi sebuah kegiatan perlombaan ini, dari panitia membuat aturan yang disebut standar operasional prosedur (SOP).
            SOP ini tertuang dalam tulisan kemudian untuk dijalankan dan ditaati bersama oleh seluruh elemen yang terlibat dalam perlombaan keagaman ini. Dengan adanya SOP tersebut, nantinya diharapkan kegiatan bisa berjalan dengan baik dan sukses.
 BAB II
KETENTUAN UMUM PESERTA, SANKSI DAN DEWAN HAKIM
Pasal 1
Peserta Lomba
1.    Peserta lomba adalah siswa SD/TPA dari seluruh kecamatan Sangatta
2.    Peserta Lomba hanya boleh mengikuti satu bidang lomba.
3.    Identitas peserta dilengkapi dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah.
4.    Pendaftaran Peserta :
a.    Peserta lomba adalah utusan dari sekolah masing-masing.
b.    Untuk   semua   cabang   lomba   (perorangan   maupun   group)   masing-masing sekolah hanya boleh mengirimkan 1 (satu) orang peserta/ 1 group saja (lihat bab IV tentang ketentuan jumlah peserta).
Pasal 2
SANKSI – SANKSI
1.    Bagi peserta lomba yang tidak memenuhi ketentuan umum sebagaimana ditetapkan oleh lembaga (panitia) maka akan ditolak menjadi peserta.
2.    Apabila  siswa  yang  bersangkutan  telah  terlanjur  mengikuti  lomba,  maka  siswa  tersebut dinyatakan gugur dan tidak boleh mengikuti lomba tahap berikutnya.
3.    Apabila telah terlanjur menjadi juara, maka kejuaraannya akan dicabut (didiskualifikasi), kemudian peserta yang mendapat rangking berikutnya otomatis akan naik peringkat.
Pasal 3
DEWAN HAKIM
1.    Anggota Dewan Hakim di semua jenis lomba dan tingkatan ( baik perorangan maupun group)  direkrut  dari  mahasiswa STAIS yang mengikuti program KKL tahun 2012.
2.    Kegiatan Dewan  Hakim  untuk seluruh bidang lomba dikoordinir oleh seorang Koordinator Dewan Hakim. Sedangkan untuk penjurian setiap bidang lomba dipimpin oleh seorang Ketua Dewan Juri ( Hakim ) cabang Lomba.

BAB III
TATA TERTIB PESERTA, DEWAN HAKIM DAN PROTES
Pasal 4
TATA TERTIB PESERTA LOMBA
Peserta lomba adalah siswa sekolah dasar utusan sekolah yang telah memenuhi syarat-syarat/ ketentuan umum dan telah terdaftar di Panitia serta senantiasa mentaati tata tertib sebagai berikut :
1.    Persiapan (sebelum) tampil :
a.    Peserta  lomba  sudah  berada  di  arena  lomba  30  menit  sebelum  acara  dimulai  dan didampingi oleh pendamping masing-masing peserta.
b.    Peserta lomba dipanggil berdasarkan nomor  undian yang bersangkutan.
c.    Peserta yang belum hadir pada saat pemanggilan setelah tiga kali pertama, maka akan dipanggil pada urutan terakhir. Dan apabila pemanggilan pada urutan terakhir pun belum hadir juga, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur.
d.    Peserta lomba diharapkan memakai pakaian muslim.
2.    Ketika  Tampil
a.    Peserta tidak perlu mengucapkan salam baik di awal maupun di akhir penampilan untuk semua cabang lomba kecuali lomba pidato.
b.    Khusus untuk cabang lomba tartil, hafalan surah pendek, bacaan dimulai dengan ta’awudz dan diakhiri dengan tashdiq ( tanpa mengucap salam di awal dan di akhir).
c.    Penentuan Maqro’ (pengambilan undian) :
1)   Tartil
a.       Pengambilan undian/maqro maksimal 30 menit sebelum lomba dimulai
Pasal 5
Tata Tertib Dewan Hakim
1.    Setiap anggota Dewan Hakim harus sudah siap di arena lomba 15 menit sebelum lomba dimulai.
2.    Setiap anggota Dewan Hakim  harus berpakaian Muslim & Muslimah.
3.    Dewan Hakim wajib memakai tanda pengenal khusus Dewan Hakim.
4.    Pada   saat   menjalankan   tugas,   setiap   anggota   Dewan   Juri   dilarang   merokok   dan meninggalkan tempat tanpa seizin Ketua Dewan Hakim masing-masing cabang lomba.
5.    Setiap anggota Dewan hakim wajib menjalankan tugasnya sesuai dengan norma, kriteria
penilaian yang berlaku, serta berlaku adil dan tidak memihak.
6.    Setiap anggota Dewan Hakim wajib menghormati dan menjunjung tinggi keputusan Dewan Hakim  tentang  hasil  akhir  lomba  masing-masing  serta  wajib  merahasiakannya  sampai pengumuman pemenang dibacakan.
Pasal 6
PROTES
1.    Protes hanya dilakukan apabila terjadi hal-hal yang dianggap melanggar tata tertib lomba.
2.    Pengajuan   protes   hanya   dapat   dilakukan   oleh   pendamping cabang   lomba   yang bersangkutan..
3.    Apabila protes dilakukan dengan memenuhi ketentuan diatas, maka Koordinator Lomba wajib memberikan  tanggapan  atas  protes  tersebut.  Isi  protes  disidangkan  melalui  musyawarah panitia bersama Dewan Hakim.
4.    Jawaban atas protes tersebut disampaikan secara tertulis pula yang ditandatangani oleh koordinator Lomba dan ketua/ sekretaris Panita.
5.    Pihak yang memprotes harus dapat menerima apapun yang menjadi ketetapan panitia.
BAB IV
JENIS LOMBA, PESERTA DAN SISTEM PENILAIAN
Pasal 7
JENIS LOMBA
Adapun lomba yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
1.        Cerdas cermat
2.        Tartil
3.        Adzan
4.        Pildacil
5.        Hafalan surah pendek
6.        Rebana
7.        futsal
Pasal 8
PESERTA. MATERI LOMBA DAN SISTEM PENILAIAN
1.    CERDAS CERMAT
a.    Peserta:
1) Siswa SD, 1 Group terdiri dari 3 orang Putra/ Putri/ Campuran
b.    Materi  Cerdas Cermat dibuat oleh Panitia Khusus :
c.    Sistem Perlombaan
1.      Cerdas Cermat dilakukan dalam dua tahapan, yakni Tahap Penyisihan dan Final.
d.    Sistem Penilaian
Dewan Hakim hanya menilai sisi benar tidaknya jawaban peserta Cerdas Cermat terhadap pertanyaan yang diberikan, dengan ketentuan sebagai berikut:
Babak Pertama :
1.      Setiap kelompok diberi pertanyaan tertulis oleh panitia
2.      Tiga kelompok yang mengumpulkan jawaban paling benar dan cepat akan maju ke babak ke dua
Babak Kedua ( Rebutan ) :
1.    Dalam babak rebutan, diberikan 10 soal untuk diperebutkan oleh seluruh regu.
2.    Peserta boleh mengangkat tangan sebelum soal selesai dibacakan.
3.    Regu yang pertama kali mengangkat tangan akan diizinkan untuk menjawab pertanyaan
4.    Regu tersebut wajib menjawab, apabila tidak menjawab, maka dianggap telah menjawab dengan jawaban yang salah.
5.    Apabila jawabannya benar diberi nilai 100, apabila jawabannya tidak tepat, maka nilainya dikurangi 50.
6.    Apabila regu yang menjawab soal salah, maka pertanyaan akan dilemparkan/ diberikan kepada regu yang mengangkat tangan lebih dahulu.
Ketentuan lain penilaian :
1.    Soal dianggap batal,  jika terdapat jawaban atau isyarat dari pihak luar regu yang berlomba.
2.    Dewan Juri secara langsung memberi  nilai terhadap  jawaban peserta setelah mengadakan pertimbangan seperlunya.
3.    Jika  dalam  satu  penampilan  dua  dari  tiga  regu  memperoleh  nilai  yang  sama,  maka penentuan urutannya akan diberikan tambahan soal untuk dijawab oleh kedua regu secara rebutan, Jawaban yang benar diberi nilai 100, dan jawaban yang salah dikurangi 100.
4.    Jika semua regu yang tampil memperoleh nilai yang sama, maka akan diberikan soal rebutan tambahan sampai terjadi perbedaan nilai.
5.    Dewan    Juri dalam memberikan   penilaian   memperhatikan   ketepatan/   kebenaran jawaban, kefasihan bacaan dan lainnya.
e.    Ruang Lingkup Bahan Lomba Cerdas Cermat :

NO.
Pokok Bahasan
SD
1.


2.


3.


4.
Matematika
a.    ………………………
b.    ………………………
Bahasa Indonesia
a.    ………………………
b.    ………………………
Ilmu Pengetahuan Alam
a.    ………………………
b.    ………………………
Pendidikan Agama Islam
a.    ……………………..
b.    ……………………..


J u m l a h



f.     Soal-soal Lomba Cerdas Cermat
1.    Soal-soal disusun dan disiapkan oleh Tim Khusus yang dibentuk oleh panitia.
2.    Soal-soal harus dijaga kerahasiaannya.
3.    Teknis pengaturan pembuatan soal tersebut diatur dalam aturan tersendiri oleh team.
2.    TARTIL
a.  Peserta :
1.  Siswa SD Putra/Putri perwakilan dari masing-masing sekolah.
b.  Materi Lomba :
1.    membaca ayat al-qur’an yang ada dalam Juz 1,sebanyak seperempat halaman dengan waktu 5 menit.
2.    Ayat yang dibaca ditentukan oleh dewan juri.
c. Sistem Penilaian:
Pelaksanaan lomba dinilai oleh 3 orang dewaan juri sesuai dengan bidang dan keahliannya masing- masing yang diatur sebagai berikut :
1. Bidang Tajwid, terdiri dari:
a. Makharijul huruf .
b. Sifatul huruf.
c. Ahkamul huruf.
d. Ahkamul Mad Wal Qoshr.
2.  Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
a. Al waqfu wal ibtida’
b. Muro’atul Huruf wal Harokat
c. Mura’atul Huruf wal ayat
d. Adabut Tilawah
3. Bidang suara dan irama, terdiri dari :
a. Keindahan suara
b. Irama dan variasi.
c.  Keutuhan dan tempo bacaan
d. Pengaturan nafas 
4.  Aspek dan Score Penilaian:

No

Bidang Penilaian
Penilaian

Keterangan
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Tajwid
Fashahah dan adab
Bidang suara dan irama
35
35
30
20
20
10


Jumlah
100
50

5. Jenis kesalahan-kesalahan :
a.    Salah dalam bacaan di katagorikan sebagai kesalahan Jally.
b.    Salah dalam tajwid dan fashahah dikatagorikan sebagai kesalahan khafi.
c.    Kesalahan-kesalahan lain di luar poin 1 dan 2 dikatagorikan sebagai kesalahan biasa.
d.    Penilaian terhadap kesalahan sebagaimana dimaksudkan pada poin 1, 2 dan 3 dapat ditentukan oleh kesepakatan Dewan Juri.
3.    ADZAN
a.    Peserta :
1.    Siswa SD putra dari perwakilan masing-masing sekolah.
b.    Materi :
1.    Materi Pokok : Lafadz Adzan.
No
Bidang penilaian
Penilaian
Keterangan
Maksimal
Minimal

1.
2.
3.

Bidang Tajwid & Fashahah Bidang Lagu & Suara Bidang Adab & Kerapihan

35
35
30

20
20
10


Jumlah
100
50


4.    REBANA
a. peserta
1.    peserta adalah siswa SD perwakilan dari masing-masing sekolah
2.    dalam setiap kelompok tidak dibatasi oleh jumlah kelompok
3.    para peserta rebana membawa alat/rebana sendiri-sendiri.
4.    lagu-lagu yang dinyanyikan bebas, tidak ditentukan oleh panitia.
b. Aspek dan Score Penilaian.

No

Bidang Penilaian
Penilaian
Ket
Maksimal
Minimal

1
Kualitas vocal
30
15

2
Ketepatan Nada & Kesesuaian Irama
20
10

3
Tehnik Pengaturan nafas & Peralihan suara
20
10

4
Penghayatan / Ekspresi
10
4

5
Variasi Gerak & Kekompakan
15
8

6
Kostum
5
3


JUMLAH
100
50

5.    HAFALAN SURAH PENDEK
a.         Peserta :
1.    Peserta adalah siswa SD perwakilan sekolah masing-masing.
b.        Tehnik Lomba :
1.      Membaca ayat sesuai makro/undian yang diambil.
c.         Materi Penilaian :
1)   Bidang Tajwid, terdiri dari :
·            Makharijul-huruf
·            Shifatul-huruf.
·            Ahkamul-huruf.
·            Ahkamul-madd wal qashr.
·            Tamamul-qira’ah.
2)   Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
·           Al-waqf wal ibtida’. 
·           Adabut-tilawah.
·           Tartil. 
·           Tamamul-qira’ah.
3)   Bidang Tahfizh (hafalan), Aspek dan Score Penilaian :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Ket
Maksimal
Minimal

1.
2.
3.

Tajwid
Fashahah dan adab
Tahfidzh (hafalan)

40
20
40

20
10
20


J U M L A H
100
50

6.    LOMBA PIDATO/PILDACIL
a.    Peserta
1.    Siswa SD satu orang putra/putri, dari masing-masing perwakilan sekolah.
b.    Materi/ Tema Pidato : meneladani akhlak Rosululloh.
c.    Waktu Pidato 10-15 Menit.
d.    Pidato diperbolehkan menggunakan teks.
e.    Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits.
f.     Materi Penilaian :
1)   Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a)    Bobot uraian & cakupan
b)   Sistimatika Uraian
c)    Ungkapan Bahasa
d)   Gaya Bahasa
2)   Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a)    Kebenaran bacaan
b)   Kebenaran Terjemah
c)    Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)   Bidang Retorika/Metode Penyampaian
a)    Vokal, Intonasi dan Aksentuasi
b)   Ekspresi
c)    Adab
g.    Materi Aspek dan Score Penilaian :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Ket
Maksimal
Minimal
1
Isi bahasa
40
20

2
Dalil
25
10

3
Retorika/ Metode penyampaian
35
20


Jumlah
100
50

7.    FUTSAL
a. Peserta
1.      Peserta lomba adalah utusan dari masing-masing perwakilan Sekolah Dasar
b. Aturan main futsal
1.      Maksimal pemain adalah 12 orang, dengan ketentuan 5 orang pemain inti dan 3 orang pemain cadangan.
2.      Pergantian pemain dalam satu kali pertandingan hanya boleh dilakukan sesuai dengan jumlah pemain cadangan, yakni tiga orang namun dapat dilakukan secra bergantian
3.      Pemain yang terkena kartu merah tidak diperkenankan untuk kembali masuk dalam pertandingan.
4.      Durasi pertandingan adalah 2 kali 15 menit dengan selang waktu istirahat 10 menit.
5.      Lemparan ke dalam dilakukan dengan melakukan tendangan ke dalam tepat di atas garis tepi lapangan.
6.      Pergantian pemain dilakukan dengan cara melapor kepada wasit.
7.      Penjaga gawang tidak boleh merangkap bek dari hasil operan bed pas rekan satu tim.
8.      Bagi team yang bertindak anarkis akan didiskualifikasi.
9.      Pemain wajib memakai sepatu ketika bermain di lapangan

 
BAB V
PENENTUAN PESERTA TERBAIK  DAN KEJUARAAN
Pasal 9
PENENTUAN PESERTA TERBAIK
1.    Peserta yang memperoleh jumlah nilai rangking ke-1, ke-2, ke-3 adalah peserta terbaik I, II, dan III pada bidang/ cabang lomba yang bersangkutan.
2.    Jika terdapat 2 (dua) orang atau lebih peserta yang memperoleh nilai sama, maka penentuan pemenangnya  didasarkan  pada nilai tertinggi melalui soal tambahan berdasar kebijakan dewan juri.
Pasal 12
KEPUTUSAN AKHIR DEWAN JURI
1.    Keputusan Dewan Juri tidak bisa diganggu gugat dan bersifat tetap selama kondisi pengawas tidak membuktikan lain.
2.    Penentuan peserta terbaik ditetapkan berdasarkan hasil penilaian juri dan diputuskan melalui rapat Dewan Juri.
3.    Jika keputusan Dewan Juri telah diumumkan tetapi tidak sesuai dengan dengan ketentuan yang berlaku, maka dapat digugurkan setelah beberapa pertimbangan dengan bukti-bukti otentik dan hasil sidang Panitia yang dipimpin oleh Ketua Panitia.
BAB VI
P E N U T U P
Demikian Panduan Pelaksanaan lomba keagamaan ini dibuat, agar semua pihak yang terkait dapat memakai panduan ini sebagai acuan dalam pelaksanaan lomba keagamaan, dan harapan besar tetap melekat dalam benak bahwa sebuah kesuksesan ada dalam genggaman.



Panduan MTQ Pelajar 4.5 5 Unknown Thursday, 9 July 2015 Panduan MTQ BAB I PENDAHULUAN             Lomba Keagamaan Tingkat Sekolah Dasar/TPA merupakan sebuah progam kegiatan perlombaan antar Sekola...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.