Penting Maksimalkan Program Deradikalisasi

 on Monday 18 January 2016  

Ketua Komisi VIII Saleh Partaonan Daulay mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) berperan penting dalam memaksimalkan program-program deradikalisasi.

Ia memaparkan, selain kantor-kantor urusan agama, Kemenag juga memiliki jaringan pada setiap madrasah dan pondok pesantren di Indonesia.

Demikian pula perguruan tinggi keagamaan dengan dosen-dosen yang tingkat pemahaman keagamaannya dinilai sangat baik.


"Para tenaga pendidik di lembaga-lembaga pendidikan tersebut tentu bisa diajak untuk bersama-sama mengajarkan praktik pelaksanaan agama yang damai dan toleran," kata Saleh melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/1/2016).

Menurut Saleh, Kemenag memiliki potensi yang besar untuk mengantisipasi penyebaran paham radikalisme di tengah masyarakat. Kemenag juga bisa mendesain sebuah kurikulum khusus terkait isu radikalisme.

"Yang jelas, kami melihat potensi besar dimiliki Kemenag. Tinggal bagaimana memanfaatkannya saja," kata dia.

Komisi VIII, lanjut Saleh, juga mendorong agar Kemenag melakukan langkah-langkah koordinatif dengan kementerian dan lembaga lain dalam upaya menangkis paham radikalisme tersebut.

Selain memiliki jaringan yang luas, Kemenag juga dinilai bisa menjalin kerja sama dengan ormas-ormas dan tokoh-tokoh masyarakat.

"Selain itu, Kemenag dinilai mampu menampilkan pandangan keagamaan yang lebih mudah dipahami masyarakat," ujar politisi Partai Amanat Nasional itu.

Ia menyayangkan jika potensi tersebut tak dimanfaatkan dengan baik. Contohnya koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) atau pihak Kepolisian.

Jika koordonasi berjalan dengan baik, menurut Saleh, maka program yang ada dapat bersinergi dan saling melengkapi.

Sumber : kompas
Penting Maksimalkan Program Deradikalisasi 4.5 5 Unknown Monday 18 January 2016 Para tenaga pendidik di lembaga-lembaga pendidikan tersebut tentu bisa diajak untuk bersama-sama mengajarkan praktik pelaksanaan agama yang damai dan toleran Ketua Komisi VIII Saleh Partaonan Daulay mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) berperan penting dalam memaksimalkan program-program de...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.